Selasa, November 18, 2008

Membuat WEB dan PHP

Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4

Tekhnology Side

PENGERTIAN PHP

PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web menulis halaman web dinamik dengan cepat.

KELEBIHAN PHP

Ketika e-commerce semakin berkembang, situs-situs yang statispun semakin ditinggalkan, karena dianggap sudah tidak memenuhi keinginan pasar, padahal situs tersebut harus tetap dinamis. Pada saat ini bahasa PERL dan CGI sudah jauh ketinggalan jaman sehingga sebagian besar designer web banyak beralih ke bahasa server-side scripting yang lebih dinamis seperti PHP.

<>

Seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Namun kekuatan yang paling utama PHP adalah pada konektivitasnya dengan system database di dalam web. Sistem database yang dapat didukung oleh PHP adalah :

1. Oracle

2. MySQL

3. Sybase

4. PostgreSQL

5. dan lainnya

PHP dapat berjalan di berbagai system operasi seperti windows 98/NT, UNIX/LINUX, solaris maupun macintosh.

PHP merupakan software yang open source yang dapat anda download secara gratis dari situs resminya yaitu http://www.php.net , ataupun dari situs-situs yang menyediakan software tersebut seperti di ftp://gerbang.che.itb.ac.id Software ini juga dapat berjalan pada web server seperti PWS (Personal Web Server), Apache, IIS, AOLServer, fhttpd, phttpd dan sebagainya. PHP juga merupakan bahasa pemograman yang dapat kita kembangkan sendiri seperti untuk menambah fungsi-fungsi baru.

Keunggulan lainnya dari PHP adalah bahwa PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan seperti protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 dan bahkan HTTP.

PHP dapat diinstal sebagai bagian atau modul dari apache web server atau sebagai CGI script yang mandiri. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh jika menggunakan PHP sebagai modul dari apache, di antaranya adalah :

1. Tingkat keamanan yang cukup tinggi

2. Waktu eksekusi yang lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemograman web lainnya yang berorientasi pada server-side scripting.

3. Akses ke system database yang lebih fleksibel. seperti MySQL.

Dalam modul ini kita akan mempelajari PHP sebagai server-side scripting yang menggunakan apache sebagai webserver. Versi PHP yang kita gunakan adalah PHP4 untuk Windows.

INSTALASI WEBSERVER

Pendahuluan

Web server merupakan server internet yang mampu melayani koneksi transfer data dalam protocol HTTP. Web server merupakan hal yang terpenting dari server di internet dibandingkan server lainnya seperti e-mail server, ftp server ataupun news server. Hal ini disebabkan web server telah dirancang untuk dapat melayani beragam jenis data, dari text sampai grafis 3 dimensi. Kemampuan ini telah menyebabkan berbagai institusi seperti universitas maupun perusahaan dapat menerima kehadirannya dan juga sekaligus menggunakannya sebagai sarana di internet.

Web server juga dapat menggabungkan dengan dunia mobile wireless internet atau yang sering disebut sebagai WAP (Wireless Access Protocol), yang banyak digunakan sebagai sarana handphone yang memiliki fitur WAP. Dalam kondisi ini, webserver tidak lagi melayani data file HTML tetapi telah melayani WML (Wireless Markup Language).

Salah satu software yang biasa digunakan oleh banyak web master di dunia adalah apache. Software tersebut dapat kita download secara gratis dari web resmi apache, yaitu http://www.apache.org . Dalam Penggunaannya Apache merupakan software open source yang sekarang ini sudah merebut pasar dunia lebih dari 50%. Web server ini fleksibel terhadap berbagai system operasi seperti windows9x/NT ataupun unix/linux.

Apache merupakan turunan dari webserver yang dikeluarkan oleh NCSA yaitu NCSA HTTPd pada sekitar tahun 1995. Kelebihan web server Apache :

• Freeware (software gratisan)

• Mudah diinstall.

• Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi .

• Mudah mengkonfigurasinya.

• Apache Web server mudah dalam menambahkan periferal lainnya ke dalam platform web servernya, misalnya : untuk menambahkan modul, cukup hanya menset file konfigurasinya agar mengikutsertakan modul itu ke dalam kumpulan modul lain yang sudah dioperasikan.

• Dapat dijadikan pengganti bagi NCSA web server.

• Perbaikan terhadap kerusakan dan error pada NCSA 1.3 dan 1.4

• Merespon client lebih cepat daripada server NCSA.

• Mampu di kompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang.

• Menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server.

• Kita dapat men-set respon error yang akan dikirim web server dengan menggunakan file atau skrip.

• Secara otomatis menjalankan file index.html, halaman utamanya, untuk ditampilkan secara otomatis pada clientnya.

• Lebih aman karena memiliki level-level pengamanan

• Apache mempunyai komponen dasar terbanyak di antara webserver-webserver lain, yang berarti bahwa webserver Apache termasuk salah satu dari webserver yang lengkap.

• Performansi dan konsumsi sumberdaya (resource) dari webserver apache tidak terlalu banyak, hanya sebesar 20 MB untuk file-file dasarnya dan setiap daemonnya hanya memerlukan sebesar 950 KB memory per-child.

• Mendukung transaksi yang aman (secure transaction) menggunakan SSL (Secure Socket Layer).

• Mempunyai dukungan teknis melalui web.

• Mempunyai kompatibilitas platform yang tinggi.

• Mendukung third party berupa modul-modul tambahan.

Instalasi

Untuk Apache for win terlebih dahulu kita download source Apache di www.apache.org atau kita juga bisa download phptriad di http://sourceforge.net/projects/phptriad

Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan phptriad, dengan alasan proses instalasi cukup mudah dan kita tidak direpotkan dengan setting web server nantinya.

Untuk mengecek webserver kita sudah berjalan, kita aktifkan dahulu Apache dengan membuka start > all programs > PHP triad > Apache Console > Start Apache dan aktifkan Server MySql dengan membuka start > all programs > PHP triad > MySQL > MySQL- D-NT. Buka internet explorer dan tulis di address bar http://localhost . Apabila Apache berjalan, maka akan ada tampilan webserrver Apache.

Setelah instalasi, akan terdapat folder baru di C yakni c:\apache. Secara default, untuk menyimpan semua file html, php dll yang akan ditampilkan di browser harus disimpan di folder c:\apache\htdocs. Contohnya file coba.php disimpan di c:\apache\htdocs, maka dapat langsung diakses dari browser dengan http://localhost/coba.php .

Untuk menjalankan Webserver Apache di windows caranya cukup mudah hanya mengklik Start > Program > PHPTriad >Apache Console> Start Apache, Untuk menghentikannya juga sama hanya option yang dipilih adalah Stop Apache (Apache berjalan dengan adanya jendela dos prompt, jangan ditutup/close karena akan membuat apache mati/off).

1. Buka setup phptriad2-21.exe yang berukuran 13 Mb


2. Pilih “I Agree” untuk melanjutkan proses Instalasi.






1. Installing Files, proses instalasi sedang berlangsung, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.





4. Setup Completed, pilih “Close” untuk mengakhiri proses instalasi.


2. Aktifkan Apache, dengan cara Pilih Start >All Programs > PHP Triad > Apache Console > start Apache

6. Aktifkan juga MySQL, dengan cara Pilih Start >All Programs > PHP Triad > MySQL >

MySQL-D-NT

7. Buka Mozila Firefox Atau Internet Explorer

8. Tulislah “ http://localhost/ “, bila muncul tampilah seperti di bawah, berarti PHP Triad siap digunakan

2. MEMBUAT WEB

1. Buat sebuah Web sederhana dengan menggunakan “Macromedia Dreamwever”.





2. Setelah selesai simpanlah web tersebut di C:/Apache/htdocs/unda, dengan nama

“ index.html ”, terlebih dahulu anda membuat Folder baru di C:/Apache/htdocs dengan nama “unda”.

3. Buat document baru dengan nama “koneksi.php”, koneksi.php bertujuan untuk menghubungkan halaman web ke web server.

4. lalu anda membuat “simpan.php”, simpan.php bertujuan untuk menyimpan data kedalam “data base”.

5. lalu anda buat “tampildata.php”, tampildata.php bertujuan untuk menampilkan data yang telah yang ada di “data base” atau data yang telah dimasukan kedalam web.

MEMBUAT DATA BASE

Buat “data base”, dengan cara masuk ke “mozila firefox” dan ketik http://localhost/phpmyadmin terlebih dahulu mengaktifkan “start apache” dan “MySQL-D-NT”. Dengan nama data base “ yayan “.





<>

uncul tampilan dialog seperti berikut, dan isikan nama tabel dengan= “tabel_data”, fields =”5”

Isi semua data sesuai dengan data yang ada di web.

Pembuatan data base telah selesai.

Buka Mozila Firefox / Internet Explorer dan ketik” http://localhost/unda”.

Pembuatan data base dan web sudah selesai.

Tidak ada komentar: